Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Trading CFD: Kekurangan dan Kelebihan Trading CFD

Trading CFD

Salah satu jenis trading yang menjanjikan potensi keuntungan yang besar adalah trading CFD. Trading Contract for Differences adalah jenis trading yang melibatkan penjual dan pembeli dimana keduanya harus membayar selisih harga open dan penutupan (close) dari sebuah kontrak derivatif.

CFD trading memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga tanpa harus memiliki aset dari saham tersebut. Fokus utama dari CFD trading adalah perubahan harga dan bukan nilai asetnya. Aset yang dimainkan termasuk beragam nilai komoditas sampai kripto.

Hal yang paling disukai dan menarik dari CFD trading adalah kondisi dimana bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang sedang turun. Sebelum memutuskan untuk bermain CFD trading, Anda sebaiknya mengetahui dahulu kelebihan dan kekurangan yang ada pada jenis trading tersebut.

Kelebihan Trading CFD

Dibanding dengan instrumen dan jenis trading konvensional lainnya, CFD memang menawarkan banyak kelebihan. Kelebihan-kelebihan yang ada pada CFD trading dijamin membuat Anda tertarik untuk mencoba bermain di dalamnya. 

Peluang untuk mendapatkan keuntungan di CFD trading lebih besar dan lebih luas. Penasaran apa saja kelebihan CFD trading? Berikut adalah 6 kelebihan yang terdapat pada CFD trading:

1. Biaya yang Rendah

Salah satu hal yang membuat CFD trading diminati adalah biaya transaksinya yang rendah. Soal biaya, selalu prinsip modal kecil untung besar bisa diterapkan. Dengan biaya yang rendah tersebut, wajar jika banyak orang ingin melakukan CFD trading. 

Jarang-jarang modal kecil bisa menghasilkan untung besar. Kelebihan lain yang muncul dari rendahnya biaya transaksi CFD trading adalah kesempatan untuk berpartisipasi dalam trading beragam saham internasional. 

Dengan biaya transaksi yang rendah, Anda memiliki kesempatan besar untuk bisa mendapatkan keuntungan lebih besar di pasar saham internasional.

2. Likuiditas yang Tinggi

Sudah dibahas sebelumnya bahwa trading CFD adalah jenis trading dimana Anda sebenarnya tidak membeli suatu saham. Kondisi tersebut membuat Anda hanya melakukan perdagangan nilai dari saham-saham tersebut. 

Apa hubungnya situasi tersebut dengan likuiditas yang tinggi? Hubungan cukup terasa. Karena melakukan perdagangan nilai saham yang menjadi acuan, eksekusi order pasti menjadi lebih cepat atau dengan kata lain likuid. 

CFD trading memang dikenal sejak lama sebagai jenis trading dengan kelebihan tinggi. Jika Anda termasuk yang diuntungkan dengan situasi tersebut, CFD trading untuk Anda.

3. Trading Internasional Mudah

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan terjun ke dunia CFD trading adalah mudahnya berpartisipasi dalam trading saham internasional. Ada lebih dari 50 saham internasional yang bisa Anda manfaatkan dengan mata uang rupiah. 

Penukaran mata uang menjadi hal yang tidak perlu dilakukan. Dampak dari trading saham internasional ini bisa signifikan. Anda yang tadinya hanya trading di level lokal bisa mendapatkan kesempatan untuk memperluas cakupan trading. 

Kesempatan untuk mendapatkan profit menjadi meningkat. Tentu hal tersebut kesempatan yang tidak dapat Anda abaikan begitu saja.

4. Diversifikasi Keuntungan

Masih ada hubungannya dengan cakupan dan area trading, trading CFD dinilai merupakan sarana yang tepat jika Anda ingin membuat diversifikasi keuntungan. Melalui CFD trading ini, Anda bisa menyebar dan terlibat dalam trading di berbagai sektor. 

Portofolio investasi akan terlihat lebih beragam dan bervariasi. Beragamnya investasi tersebut merupakan hal yang bisa sangat menguntungkan. 

Hal lain yang cukup menguntungkan dari trading ini adalah adanya media untuk melindungi nilai portofolio instrumen investasi yang Anda lakukan. CFD trading tersebut ternyata memiliki kelebihan yang cukup beragam.

5. Naik Turun Bisa Profit

Satu hal yang paling menonjol, berbeda, dan disukai dari CFD trading adalah potensi keuntungan yang bisa didapatkan ketika harga saham sedang turun. Janji tersebut tentu akan membuat orang-orang tertarik. 

Buka hanya janji, keuntungan memang bisa didapat ketika harga saham turun dalam dunia CFD trading. Fakta tersebut membuat siapapun yang terlibat dalam CFD trading tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari 2 arah. 

Profit bisa Anda dapatkan ketika harga saham turun, apalagi naik. Dengan kondisi profit yang cukup bervariasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam situasi yang terlihat tidak menguntungkan.

6. Sistem Leverage

Kelebihan terakhir yang bisa Anda dapatkan jika terlibat dalam CFD trading adalah sistem leverage. Hal menguntungkan apa yang ada pada sistem leverage tersebut? 

Sistem leverage yang berlaku di CFD trading memungkinkan Anda mendapatkan potensi profit yang lebih besar dari modal yang Anda miliki. Sistem leverage CFD trading juga bisa membuat Anda mengelola resiko investasi untuk keperluan keuntungan yang lebih besar. 

Pada umumnya, CFD trading memang pas untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Selain itu, CFD trading juga cocok untuk yang ingin diversifikasi investasi.

Kekurangan Trading CFD

Tidak adil jika hanya membahas kelebihan dari CFD trading tersebut. Tidak ada yang sempurna, termasuk dalam dunia CFD trading. Kekurangan-kekurangan dari CFD trading tersebut harus diekspos dan dipahami dengan baik. 

Dengan demikian, Anda menjadi lebih memahami resiko jika bermain di arena CFD trading. Berikut adalah 2 kekurangan utama yang pasti Anda temukan di CFD trading:

1. Biaya Bisa Bertambah

Telah dibahas sebelumnya bahwa CFD trading adalah jenis trading dengan biaya transaksi yang cukup rendah. Hal tersebut merupakan sebuah keuntungan. Sayangnya, keuntungan dari sisi biaya ini juga menyimpan kekurangan. 

Dalam jangka panjang, biaya dari CFD trading ini bisa bertambah (terakumulasi). Posisi yang dibiarkan terbuka dalam waktu yang panjang apalagi tidak dikelola dengan baik dapat berakibat pada terakumulasinya biaya tersebut. 

Jika Anda seorang trader yang ingin bermain dalam waktu jangka panjang, Anda perlu dengan rinci mengetahui serta menghitung tambahan biaya yang akan dibebankan.

2. Resiko Tinggi

Anda sendiri pasti sudah menduga hal ini. Banyaknya kelebihan dan besarnya potensi keuntungan trading CFD pasti disertai kekurangan berupa resiko yang lebih tinggi. 

Rasanya hal tersebut sudah menjadi semacam hukum dan kecenderungan dimana potensi profit tinggi maka potensi resikonya juga pasti tinggi. Resiko tinggi ternyata ada pada leverage yang terdapat di CFD trading. 

Leverage dianggap pisau bermata dua dimana hal tersebut bisa menjadi kiamat Anda. Kondisi masuk ke pasar dengan modal terlalu rendah dan leverage terlalu tinggi bisa berakibat fatal. Anda wajib memahami kekurangan CFD trading tersebut.

Kekurangan terakhir yang ada pada CFD trading adalah soal jaminan hukum. CFD trading adalah jenis trading yang tidak semua wilayah menyediakan regulasi yang memadai. 

Sebelum melakukan CFD trading tersebut, Anda wajib melihat dan memahami payung hukum CFD trading tersebut di berbagai negara.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan trading CFD di atas, Anda bisa lebih netral dan mendapatkan penilaian yang adil. Keputusan yang diambil bisa lebih bijaksana. Salah satu kunci suksesnya adalah memahami dengan jelas potensi dan resiko yang ada pada trading tersebut.